Kamis, 21 Maret 2013

Perubahan Iklim dan Teknologi Bahan Bakar Bersih


traffic 2 Perubahan Iklim dan Teknologi Bahan Bakar Bersih
Hampir semua kegiatan manusia berdampak pada lingkungan, dan transportasi tidak terkecuali. Transportasi sangat penting untuk perekonomian dan kehidupan keseharian, yang juga merupakan sumber signifikan dari gas rumah kaca (GRK).
Sektor transportasi adalah konsumen terbesar di Indonesia dari energi primer (terutama minyak) 48% tahun 2005. Emisi CO2 dari sektor transportasi berkisar 23% dari sektor energi di tahun 2005, dan di tahun 2010 emisinya berkisar 67 juta ton CO2. Dari distribusi energi sektor primer (terutama BBM) pada tahun 2005 dengan dihabiskan di jalan  (90,7%), udara  (6,9%), Lautan (2, 4%) dan Kereta ( <1%)
Hampir 97 % dari emisi gas rumah kaca datang melalui transportasi pembakaran langsung dari bahan bakar fosil, dengan sisanya karena karbon dioksida (CO2) dari listrik  dan hidrofluorokarbon (HFC) yang dilepaskan dari AC kendaraan dan moda transportasi berpendingin. Transportasi adalah sektor pengguna akhir yang melepaskan CO2 terbesar.  Berikut ini cuplikan bagaimana cara mengkontrol emisi gas rumah kaca berbasis teknologi di yang sudah dilakukan di negara-negara Asia.
Mengontrol Emisi Gas Rumah Kaca
Emisi gas rumah kaca (GRK) jauh lebih sulit untuk dikendalikan dari emisi polutan udara konvensional, terutama di sektor transportasi. IPCC mengidentifikasi kunci  teknologi mitigasi dan praktek sistem transportasi dan manajemen lalu lintas jalan yang saat ini tersedia secara komersial dan dapat diadopsi, termasuk: (1) mempromosikan kendaraan bahan bakar bersih, (2) mempromosikan pergeseran moda dari transportasi jalan dengan jalur kereta api dan publik sistem transportasi, kendaraan tidak bermotor (bersepeda, berjalan), dan (3) integrasi penggunaan lahan dan perencanaan transportasi permintaan menahan kendaraan dan penggunaan. Tulisan ini berfokus pada kategori pertama.
Promosi kendaraan dengan bahan bakar bersih memperhitungkan semua teknologi berbasis strategi dan pilihan untuk menahan emisi gas rumah kaca. Berdasarkan penelitian Sperling dan Salon tahun 2002 menyebutkan tiga gelombang inovasi teknologi yang berkembang melalui industri otomotif internasional.
Gelombang pertama yang berlangsung di sebagian besar negara berkembang dalam menanggapi standar emisi ketat dibahas sebelumnya meliputi peningkatan proses pembakaran, pengolahan gas buang dan penggunaan bahan bakar pembakaran bersih.
Gelombang kedua inovasi ditujukan untuk meningkatkan efisiensi energi dari mesin konvensional.
Gelombang ketiga adalah lebih radikal yang melibatkan transisi dari mesin pembakaran internal untuk teknologi berbasis listrik propulsi. Inovasi ini memiliki potensi untuk pengurangan emisi gas rumah kaca terbesar dalam yang akan meningkatkan efisiensi energi sebesar 50% atau dengan potensi lebih sedikit polusi.
Dua gelombang yang pertama sedang berlangsung di sebagian besar negara Asia sampai batas tertentu. Praktek yang paling umum ditunjukkan di sini adalah mempromosikan penggunaan bahan bakar bersih seperti yang dijelaskan di bawah ini.
Mempromosikan Bahan Bakar Alternatif (LNG, LPG, CNG) untuk Bus dan Taksi
Bus dan taksi adalah sistem transportasi umum yang paling dominan di negara-negara berkembang termasuk Asia. Fakta bahwa sebagian besar kendaraan sudah tua dan tidak laik jalan telah mendorong negara-negara untuk mempromosikan bahan bakar bersih terutama bagi mereka. Di Korea, pangsa LPG naik dari 3,5% dari bauran energi pada tahun 1980 menjadi lebih dari 14% pada tahun 2005 dan digunakan terutama di taksi, bus dan truk. LPG bahan bakar kendaraan pertama kali digunakan pada tahun 1973 dan semua taksi yang diubah menjadi mobil LPG pada tahun 1982. Bahkan, 10% dari semua kendaraan yang terdaftar di Korea adalah LPG-dipicu karena pertumbuhan yang cepat dibawa oleh keuntungan pajak yang besar atas cukai bensin dan solar. Selain LPG, juga didorong bahan bakar CNG sebesar 50% dari bus-bus intra-kota di Korea.
Sementara itu di Jepang, LPG terutama digunakan oleh taksi yang sampai saat ini, 260.000 taksi (94%) adalah dengan bahan bakar LPG. Pemerintah menawarkan hibah untuk konversi atau pembelian kendaraan LPG dan pemasangan stasiun pengisian bahan bakar. Dalam skema yang lebih besar, selain penggunaan LPG, negara Jepang memiliki contoh yang baik untuk menggabungkan instrumen regulasi, fiskal, dan teknologi sekaligus untuk mempromosikan penggunaan kendaraan berbahan bakar irit bahan bakar dan bersih.
Dalam kasus negara-negara Asia lainnya, berdasarkan hasil studi Timilsina dan Shrestha tahun 2009 menunjukkan peningkatan yang jauh sederhana LPG dan penggunaan gas alam untuk bahan bakar kendaraan dibandingkan dengan Korea dan Jepang. Beberapa upaya untuk mempromosikan bahan bakar bersih mengalami kemajuan, terutama di Cina dimana pemerintah telah memainkan peran utama dalam mempromosikan LPG dan bahan bakar CNG di bus angkutan umum melalui berbagai R & D program, investasi langsung, program insentif, dan target. Mulai bulan November 1997, pemerintah Hong Kong meluncurkan program percobaan, yang melibatkan 30 LPG taksi (20 baru dan 10 tahun) dan bertujuan untuk mendorong semua taksi (18.138 taksi di  waktu itu) untuk beralih ke LPG. Untuk meningkatkan insentif untuk menggunakan LPG, pemerintah mengatur konsesi untuk mengurangi harga LPG selama diesel dengan operasi stasiun LPG pengisian bahan bakar melalui waiving premium tanah dan selanjutnya menawarkan hibah satu kali dari HK $ 40.000 untuk setiap penggantian taksi diesel yang akan berlangsung hanya dalam waktu tiga tahun. Insentif tersebut adalah diharapkan dapat mengurangi keraguan dalam berkendara jarak lebih lama untuk mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar yang mulanya hanya sedikit di kota. Pada awal tahun 2002, lebih dari 75% dari taksi telah beralih ke LPG .
transjakarta Perubahan Iklim dan Teknologi Bahan Bakar Bersih
Dalam skala yang lebih kecil, negara-negara lain juga mulai mengkonversi bus ke LPG / CNGs. Indonesia  khususnya Jakarta melalui pembentukan TransJakarta Busway telah mempekerjakan 70% dari  armada dengan bus berbahan bakar CNG, sedangkan sisanya adalah Euro II-compliant bus diesel.
Selain bus, beberapa negara Asia juga telah menggantikan sebagian besar taksi dan para-transit armada dengan LPG / CNG bakar kendaraan, termasuk Bangkok (1.500 LPG taksi dan 7.400 tuk LPG tuk) dan Taiwan (LPG taksi). Sedangkan Indonesia telah mulai memperkenalkan baru Euro-II compliant empat langkah CNG bajaj model (kendaraan roda tiga para-transit) bekerjasama dengan Bajaj Auto yang mengharapkan untuk menggantikan sekitar 15.000 dua-stroke bajaj di tahun-tahun mendatang (APEC, 2008; USAID, 2006).
Mempromosikan Kendaraan Rendah Emisi
japancouplecar Perubahan Iklim dan Teknologi Bahan Bakar Bersih
Salah satu kendaraan rendah emisi atau low emission vehicles (LEVs) muncul adalah kendaraan listrik. Jepang melalui Jepang Electric Vehicle Association (JEVA) telah melakukan berbagai program penyewaan dan pembelian insentif sejak tahun 1978 sampai mempromosikan penggunaan kendaraan listrik, tambahan untuk program penelitian dan pengembangan serta infrastruktur mendukung. Pada tahun 1996,  program pembelian kendaraan listrik insentif subsidi 50% dari harga kendaraan ekstra tambahan diperkenalkan untuk menggantikan program insentif sebelumnya. Sejak tahun 1995, di bawah Program Konservasi Lingkungan , pemerintah Jepang secara bertahap mengambil inisiatif untuk mengganti beberapa kendaraan umum dan armada pemerintah dengan kendaraan rendah emisi. Rencana termasuk sejumlah total hampir 100.000 kendaraan listrik dan 170.000 kendaraan LPG pada tahun 2000, meskipun tingkat penetrasi yang lebih tinggi tidak bahkan jauh terpenuhi.

Sumber: Technical Report of International Development Engineering 2012, berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar